top of page
Search
  • gilabro03

Ini 5 Makanan Ciri khas Jogja yg Kudu Kamu Coba

Tidak hanya banyak obyek wisata serta spot berbelanja yg murah, Jogja pun punyai sangat banyak kuliner enak yg kudu kamu coba. Nah, kalaupun udah mengatakan makanan ciri khas Jogja, makanan pertama yg tampil di otak kamu pastinya ialah gudeg, kan? Memang benar sich, namun tahu tidak sich kamu nyata-nyatanya tidak hanya gudeg masih banyak makanan lain yg udah mengharap buat dicoba. Pengen tahu apa saja? Yuk, baca daftarnya di bawah ini!


1. Mangut Lele Mbah Marto





Kalaupun sekian lama ini kita cuman tahu lele cuma jadikan pecel lele saja, beda kalaupun kamu di Jogja. Disana, lele tidak cuma digoreng saja, tetapi juga diproses berubah menjadi mangut, seperti yg ada pada rumah makan Mangut Lele Mbah Marto yg ada pada di Jalan Parangtritis Km 6,5, pasnya di belakang Institut Seni Indonesia. Trik mengolahnya juga dapat di katakan unik, sebab masih diasap dengan kayu bakar, setelah itu digabung dengan santan serta cabai yg bikin masakan ini berwarna merah serta menggairahkan. Belum juga dengan taburan petai di atasnya. Yummy!

Buat temukan tempat ini memang diperlukan perjuangan, sebab tempatnya yg masuk gang. Biarpun demikian, rumah makan mangut ini sangat banyak pengagumnya, bahkan juga artis ibukota juga kerap makan di sini, lho! Nah, kalaupun pengen cobain, rumah makan ini membuka dari mulai jam 11 siang sampai jam 4 sore. Satu porsinya sendiri dihargai dari mulai Rp 20.000 saja. Yuk, kesana!


2. Tengkleng Gajah Jogja


Eits, jangan salah duga dahulu ya. Tengkleng gajah di sini bukan dibikin dari daging gajah beneran, kok! Tengkleng gajahnya dibikin berbahan basic daging kambing. Disebut tengkleng gajah sebab disajikannya dalam bagian besar. Di tempat ini terdapat dua tipe tengkleng yg ditawarkan, ialah tengkleng tongseng (kuah) serta goreng (kering) yg di jual seharga Rp 30.000 per porsinya.

Tempatnya sendiri ada pada Jakal atau Jalan Kaliurang Km 9,3. Sama seperti dengan mangut barusan, buat temukan tengkleng gajah ini kamu harus dikit berupaya sebab terletak yg ada pada pedesaan. Menu lain yang ditawarkan di sini ialah gulai serta sate. Tertarik buat coba?


3. Mie Ayam Tumini




Siapa penyuka sama mie ayam? Inilah menu ciri khas Jogja yang perlu kamu coba kala ada disana. Namanya Mie Ayam Tumini. Terletak ada pada Jalan Imogiri Timur No 187. Kuahnya yg kental serta pekat ini dia yg mengetahui mie ayam Tumini tidak serupa dengan mie ayam yang lain.

Rasa kuahnya juga dapat di katakan prima, dengan kombinasi rasa manis serta gurihnya yg sesuai. Serunya, kamu dapat pilih bagian biasa atau jumbo yg satu porsinya di jual di harga di bawah Rp 15.000. Murah, kan? Namun, ada ketentuannya kalaupun kamu pengen ada kesini tak mesti antre lama, ialah kmu mesti ada dari jam 10 pagi.


4. Belalang Goreng


Pengen makanan yg tidak biasa? Coba kamu pergi ke daerah Gunungkidul deh. Disana kamu bakal temukan cemilan aneh yg banyak di jual penduduk, ialah belalang goreng. Yap, ini ialah belalang yg digoreng sampai kering, gurih, serta dapat di nikmati semua sisi tubuhnya. Harga pun murah, sebab di jual Rp 20.000 per bungkusnya. Namun, mengingat kalaupun cemilan ini ialah makanan tinggi protein, seharusnya jangan dicoba kalau kamu punyai alergi, ya! Bukannya bakal kecanduan, yg ada justru cuma rasa gatal yg bakal kamu peroleh.


5. Oseng Mercon Bu Narti




Senang makanan pedas? Coba kamu bertandang ke warung Oseng Mercon Bu Narti yg ada pada Jalan KH.Ahmad Dahlan, Ngampilan. Di sini kamu bakal nikmati hidangan oseng yg berisi kulit, lemak, kikil, serta tulang muda yg dibuat dengan bumbu super pedas yg dapat membuat lidah kamu meledak serta terbakar. Ini dia pertimbangannya mengapa disebut oseng mercon. Warung ini sendiri membuka mulai jam 5 sore sampai jam 11 malam. Tenang, buat nikmati satu porsi oseng mercon ini kamu cukup membayar Rp 20.000 saja, kok. Atau, kamu dapat lho beli versus paketannya buat dibawa pulang jadi oleh-oleh.

6 views0 comments
bottom of page